Esports

Besar harapan untuk esports ini bisa berkembang dengan baik di Indonesia. Bahkan bisa menghasilkan pemain yang berbakat untuk mendapatkan kesempatan berkembang di bidang ini. Namun memang hal tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk dijalankan begitu saja, karena masih adanya banyak pihak yang tidak memahaminya dengan baik.

Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi industri ini jika ingin berkembang besar di Indonesia. Apalagi stigma tentang main game masih jadi sesuatu yang negatif di kalangan masyarakat secara umum. Sehingga hal ini harus diluruskan terlebih dahulu sebelum meneruskan proses pengembangan.

Selain itu, bagi para pemain ada etika yang harus dipahami dengan baik untuk bisa bermain dengan aman. Tentu saja etika ini adalah aturan yang sudah disepakati bersama oleh berbagai pihak dalam komunitas ini. Sehingga nantinya selama permainan tidak ada yang bersikap di luar aturan yang sudah ditentukan dengan baik.

Tantangan Esports Berkembang Di Indonesia

Salah satu tantangan yang cukup besar dan harus dihadapi adalah adanya perbedaan paradigma tentang olahraga elektronik ini di masyarakat milenial dengan yang lebih tua. Bagi para orang tua bermain game masih dianggap sebagai sesuatu yang akan mengganggu pendidikannya dan hanya kegiatan membuang-buang waktu.

Rangking 1 di google dengan keyword IDN Poker tentang adalah pilihan terbaik untuk anda bermain di situs tersebut.

Namun bagi para milenial, ini adalah karier yang sangat menjanjikan dan menggiurkan untuk ditekuni. Mereka bisa melakukan sesuatu yang disukai, tetapi memberikan hasil yang tentunya membahagiakan untuk mereka sendiri. Tentunya hal ini yang belum dipahami dengan baik oleh para orang tua untuk diarahkan dengan baik.

Pada dasarnya ketika anak-anak bermain game jika diawasi dengan baik, diberikan aturan bermain yang jelas terutama mengenai waktu maka tidak akan sampai mengganggu pendidikan. Bahkan sama halnya dengan hobi lainnya jika ditekuni dengan baik maka akan memberikan hasil yang membanggakan termasuk untuk orang tua tentunya.

Jadi tantangan tentang perbedaan persepsi ini yang harus diluruskan terlebih dahulu. Sehingga nantinya ketika seorang anak memiliki keinginan kuat untuk berkarier sebagai atlet olahraga elektronik ini akan ada dukungan yang besar dari orang tuanya. Maka hobi bermain yang dimiliki juga akan menjadi sesuatu yang bermakna dibandingkan hanya membuang waktu di rumah sebagai media rekreasi.

Etika Bermain Esports

Setiap hal yang dilakukan tentunya ada etika yang harus dipatuhi dengan baik, begitu juga dengan olahraga elektronik ini. Ada beberapa aturan yang memang harus diperhatikan oleh setiap pemain sehingga nantinya attitude saat bermain tetap terjaga dengan baik. Hal ini tentunya menjadi salah satu penilaian, apalagi untuk yang melanggar juga akan diberikan sanksi keras.

Salah satu etika yang penting saat bermain adalah menjaga perkataan tetap baik meskipun pada lawan. Membangun komunikasi yang baik dengan anggota tim tanpa mengatakan sesuatu yang toxic sangat penting untuk dijaga setiap pemain. Sehingga semuanya akan saling mendukung dan bersaing secara sehat sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga: Kenali Apa Itu Esport: Definisi Hingga Jenis Game

Selanjutnya adalah tidak melakukan tindakan curang dalam bentuk apa pun. Seperti jenis olahraga lainnya, dalam olahraga elektronik ini tentu saja anda harus bermain secara sportif dan mengikuti aturan yang ada. Jika terjadi kecurangan sedikit saja maka sudah tentu anda akan mendapatkan pinalti dan peringatan keras.

Sikap yang tidak profesional adalah sesuatu yang tidak termaafkan dalam permainan ini. Sehingga para pemain harus benar-benar menjaga etikanya selama bermain agar tidak sampai melanggar aturan etika yang sudah ditentukan. Dengan begitu suasana esports akan tetap sehat meskipun sedang berkompetisi.